Syarat Mahasiswa Baru Jalur PMDP
Ÿ Syarat Umum :
· Lulusan SMA dan Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA
· Tinggi badan minimal dan berat badan :
a. Laki-laki : 155 cm,
b. Perempuan : 150 cm
c. Berat badan normal & Tidak Cacat Fisik
d. Tidak buta warna
Ÿ Syarat Akademik :
Ÿ Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA dan MA jurusan IPA.
Ÿ Tidak memiliki nilai 6 (enam) untuk setiap pelajaran sejak semester 1 s/d 5.
Ÿ Nilai Mata Pelajaran Matematika, IPA (Fisika, Kimia, Biologi) mulai semester 1 s/d 5 minimal 7 (tujuh)
Ÿ Duduk dikelas XII SMA dan MA pada Tahun Ajaran 2009/2010
Ÿ PMDP tidak berlaku untuk calon mahasiswa lulusan tahun-tahun sebelumnya.
Ÿ Format / instrumen isian (dapat diperbanyak sendiri). Dapat diambil di tempat pendaftaran.
PROSES PENDAFTARAN /
PENGAJUAN LAMARAN PMDP
PENGAJUAN LAMARAN PMDP
1. Membuat surat lamaran menjadi calon mahasiswa baru melalui jalur PMDP dan ditanda-tangani pelamar diatas materai Rp. 6.000,- (Enam ribu rupiah) yang dilampiri dengan :
a. Formulir isian dapat diambil di tempat pendaftaran.
b. Foto copy raport Semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang berwenang.
Pasfoto terbaru hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 5 (lima) lembar.
a. Berkas lamaran dimasukkan stop map warna merah untuk putri, warna biru untuk putra.
b. Membayar Uang Pendaftaran Rp.100.000,- (Seratus ribu rupiah).
2. Pelamar datang sendiri pada jam kerja dengan membawa berkas lamaran peserta.
3. Pendaftaran PMDP mulai Tgl. 19 April 2010 s/d 31 Mei 2010.
SYARAT MAHASISWA BARU JALUR UMUM
1. Lulusan SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA).
2. Usia maksimal 25 Tahun (per September 2010)
3. Tinggi badan minimal dan berat badan :
a. Laki-laki : 155 cm,
b. Perempuan : 150 cm
c. Berat badan normal & Tidak Cacat Fisik
d. Tidak buta warna
MEKANISME PENDAFTARAN
1. Calon peserta didik harus mendaftar sendiri (tidak boleh diwakilkan).
2. Menyerahkan pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 cm sebanyak 5 lembar yang terbaru (enam bulan terakhir)
3. Foto copy ijazah / STTB / Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang telah dilegalisir rangkap 2.
4. Foto copy Akte Kelahiran.
5. Foto copy SKHUN yang telah dilegalisir rangkap 2.
6. Berkas dimasukkan dalam stop map warna merah untuk putri dan stop map warna biru untuk putra.
7. membayar uang pendaftaran Rp. 175.000,- (Seratus Tujuh puluh lima ribu rupiah).
WAKTU PENDAFTARAN
Gelombang I : 19 April 2010 s/d 5 Juli 2010
Gelombang II : 7 Juli 2010 s/d 31 Juli 2010
(apabila Gelombang I belum terpenuhi )
UJI TULIS
Gelombang I :
Hari /Tgl : Rabu / 7 Juli 2010
Waktu : 07.30 WIB.
Mata Uji : Matematika, Bhs. Inggris, IPA Terapan (Biologi, Fisika, Kimia) & Bhs Indonesia.
Gelombang II :
(Dibuka apabila gelombang I belum terpenuhi) :
Hari / Tgl : Selasa / 3 Agustus 2010
Waktu : 07.30 WIB.
Mata Uji : Sama dengan Gelombang I
TEMPAT PENDAFTARAN / UJIAN
Kampus Akper Pemkab. Ponorogo,
Jl. Ciptomangunkusumo No.82 Ponorogo
Telp.(0352)–461792, Fax. 462819
BIAYA UJI KESEHATAN
Rp. 150.000,- ( Seratus lima puluh ribu rupiah ) Setelah lulus seleksi PMDP dan lulus uji tulis
PPS (PROGRAM PENGENALAN STUDI)
September 2010
BIAYA PENDIDIKAN
DPP : Rp. 4.500.000,- (diangsur 2x dalam satu semester)
IPP : Rp. 1.500.000,- / persemester ( sudah termasuk UTS dan UAS )
Biaya PPS (Program Pengenalan Studi), Seragam, Praktek, Ujian Akhir (lulusan), Wisuda (akan ditentukan kemudian).
FASILITAS
Akper Pemkab. Ponorogo memiliki fasilitas terdiri dari :
· Ruang kuliah ber-AC (dilengkapi Multi Media)
· Laboratorium keperawatan.
· Perpustakaan, Komputer, Internet.
· Ruang AVA
Ruang penunjang lain sesuai kebutuhan
LAHAN PRAKTEK
· Memanfaatkan lahan praktek diwilayah Kabupaten Ponorogo yaitu :
· RSU Daerah Prof. Dr. M. Harjono Soedigdomarto, Sp.OG Ponorogo.
· Puskesmas
· PKMD di masyarakat pedesaan.
· RB swasta.
· Memanfaatkan lahan praktek lain, yaitu :
· RSU Dr. Saiful Anwar Malang.
· RSU Prov. Dr. Soedono Madiun.
· RS Jiwa Daerah Surakarta.
· Panti Sosial Tresna Wreda Bahagia Magetan.
DOSEN / PEMBIMBING PRAKTEK KLINIK
· Dokter Umum / Dokter Spesialis.
· Tenaga S2 Keperawatan.
· Tenaga S2 Kesehatan.
· Tenaga Keperawatan sesuai Kwalifikasinya (S1 dan D4).
· Tenaga Profesi Kesehatan Lain sesuai dengan kebutuhan.
· Tenaga Non Kesehatan sesuai Keahlianya ( S1 dan S2 ).
· Clinical Instruktur dari lahan praktek yang digunakan.
SISTEM PENDIDIKAN
Dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) selama 6 (enam) semester yang terbagi dalam 3 (tiga) tingkat.
Beban studi seluruhnya adalah 110 s/d 115 SKS dengan strategi pengajaran :
· Perkuliahan klasikal
· Seminar
· Praktek Laboratorium
· Praktek lapangan (Rumah Sakit Tipe A, B dan C, Puskesmas, Daerah Binaan dan sarana kesehatan swasta).
CATATAN :
Bagi peserta / Calon Mahasiswa apabila dijanjikan untuk masuk akper dengan mudah dan dengan sejumlah uang oleh pihak-pihak luar maka RUGI BESAR. Itu hanya ulah spekulan aja, karena hasil ujian diolah oleh ITS Surabaya. Apabila mahasiswa itu masuk karena hasil kerjanya sendiri.
Apabila hal tersebut terjadi dan pihak calon mahasiswa dirugikan, pihak Akper Pemkab. Ponorogo tidak bertanggung-jawab akan hal tersebut, itu ditanggung oleh peserta sendiri. Hati-hati jangan mudah percaya!!
ttd
Panitia Pendaftaran
Comment Form under post in blogger/blogspot